1.447 Peserta Ikuti Olimpiade Matematika Himatika Unsyiah
17th March 2017

Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali menggelar acara Olimpiade Matematika se-Aceh. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Mathematics Fair yang biasa disingkat Math Fair. Penyelenggaraan tahun ini merupakan Math Fair XII. Mengusung tema “Be Creative and Innovative with a Great Mathematics Soul“, acara olimpiade ini dibuka oleh Wakil Dekan III FMIPA Dr rer nat Ilham Maulana didampingi Ketua Jurusan Matematika Nurmaulidar MSc di Aula Fakultas MIPA Unsyiah pada Ahad 12 Maret 2017. Selain Wakil Dekan III dan Ketua Jurusan, acara pembukaan ini turut dihadiri Sekretaris Jurusan Dr Rini Oktavia, Dosen Senior Matematika Dr Siti Rusdiana, serta beberapa perwakilan dari BEM dan himpunan-himpunan se-FMIPA.

Sebelumnya, Ketua Jurusan menekankan pentingnya mengikuti Olimpiade Matematika. Menurutnya, olimpiade ini adalah ajang untuk mengukur tingkat penguasaan matematika antara siswa-siswa di sekolah seluruh Aceh serta meningkatkan motivasi siswa agar terus menerus mempelajari matematika. Sementara Wakil Dekan III dalam sambutannya berharap ajang ini tidak hanya menumbuhkembangkan kecintaan kepada ilmu matematika, tetapi juga memacu semangat berkompetisi sejak Sekolah Dasar.

Ketua Panitia Uly Handayani mengatakan bahwa Olimpiade Matematika tahun ini digelar serentak di 13 kabupaten/kota dengan total peserta 1.447 orang. Di Kota Sabang diselenggarakan di SMAN 1 Sabang, di Banda Aceh dan Aceh Besar diselenggarakan di kampus FMIPA Unsyiah, di Sigli dilaksanakan di SMPS YPPU Sigli, di Pidie Jaya diselenggarakan di MAS Jeumala Amal, di Lhokseumawe diselenggarakan di SMAN 1 Lhokseumawe, di Aceh Timur diselenggarakan di SMAN Unggul Aceh Timur, di Langsa dan Aceh Tamiang dilaksanakan di gedung FEBI IAIN Zawiyah Cot Kala, di Aceh Tengah diselenggarakan di SMAN 1 Takengon, di Bener Meriah diselenggarakan di SMAN Unggul Binaan, di Aceh Barat Daya (Abdya) SMA Unggul Tunas Bangsa, dan terakhir di Aceh Tenggara tepatnya di SMAN 1 Kutacane. ”Olimpiade ini dilaksanakan dalam satu tahap untuk setiap kabupaten/kota, kemudian diperoleh juara 1, 2, dan 3 untuk tiap kategori sekolah. Selanjutnya setiap juara se-kabupaten/kota akan diparalelkan nilainya oleh panitia, kemudian dari hasil tersebut akan ditentukan juara 1, 2, dan 3 se-Aceh dimana juara 1 tingkat SMA se-Aceh berhak lulus tanpa tes di Prodi Matematika FMIPA Unsyiah. Total hadiah untuk seluruh pemenang adalah senilai 60 juta rupiah termasuk trophy dan sertifikat juara,” jelas mahasiswi Matematika angkatan 2014 ini.

Selain Olimpiade Matematika se-Aceh, dalam rilisnya, Ketua Umum Math Fair XII T Raja Ahmad Alfaruqi merincikan bahwa rangkaian acara Math Fair juga mencakup Seminar Nasional, Aneka Lomba, dan Expo. “Semua kegiatan ini insyaAllah dipusatkan di Gedung AAC Dayan Dawood,” kata Raja. Sementara itu Ketua Panitia Seminar Nasional Ardy S Pratama berharap akan banyak peserta yang antusias untuk mengikuti seminar untuk mendapatkan pelajaran yang bermanfaat dari pemateri seminar nanti. Panitia turut mempromosikan acara dan semua informasi yang berkaitan di laman http://math.unsyiah.ac.id/mathfair.

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Sabang

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Sabang

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Kampus FMIPA Unsyiah

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Kampus FMIPA Unsyiah

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Sigli

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Sigli

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Lhokseumawe

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Lhokseumawe

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Langsa

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Langsa

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Takengon

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Takengon

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Blangpidie (Abdya)

Olimpiade Matematika Math Fair XII 2017 di Blangpidie (Abdya)