AAUI 3AAUI Goes to Campus Kunjungi dan Beri Kuliah Umum Bagi Mahasiswa Jurusan Matematika
13th March 2019

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) bekerja sama dengan University of Waterloo-READI Project menggelar Seminar bertajuk “AAUI Goes to Campus” dengan tema “Membangun Pemahaman Serta Menarik Minat Para Calon Lulusan Universitas untuk Menjadi Aktuaris di Industri Asuransi Umum”. Seminar ini bertempat di The Pade hotel, Lampeuneurut, Aceh Besar pada Senin 11 Maret 2019, yang diikuti oleh 64 Mahasiswa Jurusan Matematika. Acara ini dibuka dengan pembacaan ayat suci al–qur’an yang kemudian dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala Dr. Teuku M Iqbalsyah M.Sc. Dua narasumber tampil secara panel yang dipandu oleh Dr. Rini Oktavia M.Si,MA yang juga Sekretaris Jurusan Matematika. Kedua narasumber itu adalah Bapak Achmad Sudiyar Dalimunthe yang merupakan Direktur Eksekutif AAUI dan narasumber yang kedua yaiu Bapak Teguh Permana yang merupakan Direktur PT Asuransi Allianz Utama Indonesia.

AAUI 2

Dalam seminar tersebut, Bapak Achmad Sudiyar Dalimunthe menghimbau kepada para mahasiswa agar lebih mengenal asuransi dan manfaatnya di era global saat ini, beliau juga mengatakan bahwa aktuaris merupakan profesi yang sangat menjanjikan dimasa sekarang dan dimasa depan. Kemudian dalam seminarnya, Bapak Teguh Permana juga memotivasi mahasiswa agar tidak perlu takut dalam menggapai cita – cita, asalkan memiliki hati yang teguh dan kuat maka apapun yang diinginkan pasti akan tercapai. Seminar setengah hari ini ditutup dengan diskusi yang berlangsung sangat interaktif dengan pengajuan pertanyaan-pertanyaan dari peserta dan diakhiri dengan berfoto bersama.

AAUI 1

Seminar ini bertujuan untuk menambah wawasan dan memotivasi mahasiswa jurusan matematika tentang betapa pentingnya ilmu aktuaris di era modern ini, dan merupakan profesi yang sangat menjanjikan kedepannya. Bahkan, berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2011 sampai tahun 2015, aktuaria masuk kedalam 5 besar pekerjaan populer saat itu, bahkan pada tahun 2015 aktuaria mampu menempati posisi pertama sebagai pekerjaan paling diminati. Kesempatan menjadi aktuaria sangat besar karena banyak perusahaan asuransi yang membutuhkan aktuaris. Diharapkan dengan adanya seminar ini dapat menambah minat mahasiswa untuk menjadi aktuaris digenerasi berikutnya.