Selamat Datang

fmipa.jpg

Program Studi Matematika merupakan salah satu program studi dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Syiah Kuala. Berdiri di tahun 1989 dan sampai dengan Pebruari 2016 telah meluluskan 633 orang lulusan.

Program Studi Matematika, fokus pada tiga bidang keahlian yaitu:
  • Bidang Matematika, mengarahkan mahasiswa agar menguasai pengetahuan matematika aplikatif pada bidang teknik, ekonomi, dan industri di samping pengembangan pada aspek teoritis.
  • Bidang Informatika/Komputasi, mengarahkan mahasiswa untuk menguasai ilmu komputer dan mendalami keahlian pemrograman, database, komputer grafik, jaringan (networking), pemrograman berbasis web, dan sistem informasi manajemen.
  • Bidang Statistika, mengarahkan mahasiswa agar menguasai ilmu statistik baik teori maupun aplikasinya yang meliputi survey, perancangan percobaan, pengolahan, analisa dan interpretasi data untuk kepentingan industri, lembaga pemerintah dan non-pemerintah.
Visi
Menjadi pusat pengkajian dan pengembangan ilmu matematika terkemuka pada tahun 2025 yang mensinergikan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan potensi lokal, nasional, maupun internasional.

Misi
  1. Menghasilkan lulusan yang beriman pada Allah SWT, unggul, mandiri,
    kreatif, inovatif, berjiwa wirausaha dan mempunyai kemampuan untuk menganalisa masalah secara sistematis, tepat dan logis, serta mampu menawarkan solusi alternatif untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.
  2. Meningkatkan perluasan dan pemerataan akses serta mutu
    pembelajaran, penelitian, dan pelayanan pendidikan matematika dengan dukungan sistem tata kelola kelembagaan yang akuntabel dan transparan.
  3. Menjalin kerjasama nasional dan internasional dalam pengkajian dan
    penerapan matematika berorientasi pada potensi Aceh untuk kesejahteraan umat.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana matematika yang beretika, memiliki standar intelektual dan akademik yang tinggi yang tercermin dari pengetahuan dan keterampilan dasar matematika yang kuat.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu terus mengembangkan diri agar dapat bersaing di era globalisasi, termasuk untuk melanjutkan studi.
  3. Menjadi program studi yang akuntabel, mencirikan ketatakelolaan yang baik (Good Governance).
  4. Menghasilkan penelitian yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan atau  peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  5. Menjadi partner pemerintah melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Akreditasi A (Periode I)
Nomor: 08714/Ak-X-S1-005/USNQMT/VI/2006
Akreditasi A (Periode II)
Nomor: 022/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VIII/2011
Akreditasi A (Periode III)
Nomor: 1001/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016