Alumni Matematika Bekerja di BPS (Badan Pusat Statistik)
10th March 2012

Sudah Banyak Alumni Matematika di BPS

Sejak lahir pada tahun 1989 sampai saat ini, Jurusan Matematika FMIPA Unsyiah sudah menghasilkan lulusan sebanyak 502 orang. Lulusan ini sebagian besar telah bekerja di berbagai instansi pemerintah dan swasta. Sebagiannya adalah bekerja di sektor pendidikan, misalnya berprofesi sebagai guru atau dosen. Di samping itu juga bekerja di sektor perbankan, keuangan dan asuransi, BUMN, dan lainnya.

Di antara instansi pemerintah, pada beberapa tahun sebelumnya lulusan Matematika ini mendominasi sektor pendidikan dengan menjadi guru di berbagai kabupaten/kota di Aceh. Namun pada beberapa tahun terakhir ini, lulusan Matametika sudah banyak yang diterima di Badan Pusat Statistika. Pada akhir 2010, sebanyak 12 alumni Matematika FMIPA Unsyiah diterima menjadi PNS di BPS. Jumlah ini melengkapi 12 alumni lainnya yang sudah lebih dulu berkarya di lembaga pemerintah nondepartemen ini.

Mereka tersebar di berbagai kabupaten/kota di Aceh, seperti Banda Aceh, Lhokseumawe, Aceh Utara, Bireuen, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Aceh Singkil. Saat ini ada juga yang bertugas di BPS Provinsi Jambi. Pada 2002 malah ada yang bertugas di BPS Riau dan Sumatra Selatan, namun saat ini keduanya sudah mutasi ke BPS di wilayah Aceh. (mz)