Belajar Sambil Beramal dalam Webinar Public Speaking yang diadakan oleh HIMATIKA Unsyiah
23rd November 2020

Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Unsyiah baru saja menyelenggarakan webinar Public Speaking Nasional dengan tema “Speak up for a Better Life”. Kegiatan ini dilaksanakan pada sabtu, 14 November 2020 jam 09.30-11.00 WIB secara daring menggunakan aplikasi zoom. Acara tersebut dihadiri sebanyak 80 orang, diantaranya 11 panitia dan 1 pemateri.

Pemateri yang diundang pada acara ini adalah Diyah Adikara M.I.KOM atau biasa dipanggil mbak Diyah. Beliau adalah Public Speaking Specialist, founder dan coach dari Diyah Adikara Speaking Class asal Yogyakarta lulusan sarjana dan magister Universitas Diponegoro. Dalam webinar tersebut pemateri memaparkan pengalamannya terjun ke dunia Public Speaking sejak kecil sampai sekarang. Selain itu pemateri juga memberikan motivasi serta tips dan trik yang bisa diterapkan agar lebih percaya diri dalam hal berbicara depan umum.

Sesuai dengan temanya yaitu “Speak up for a Better Life”, menguasai Public Speaking adalah suatu keharusan, dengan mampu menguasai Public Speaking kita bisa lebih percaya diri tampil di depan umum. Menurut mbak Diyah Public Speaking adalah seni yang harus sinkron antara teori dan konsep dengan rasa yang berasal dari hati.

IMG-20201123-WA0002

“Tidak gampang belajar Public Speaking sendirian, Public Speaking harus bertahap, berurutan, dan ada evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan, hal tersebut bisa dilakukan dengan belajar Public Speaking bersama mentor”, ungkap mbak Diyah. Dalam paparannya, pemateri mengungkapkan bahwa Diyah Adikara Speaking Class juga sedang membuka kelas Public Speaking yang bisa diikuti oleh berbagai kalangan dengan harga yang sangat terjangkau, bagi yang berminat bisa langsung menghubungi www.daspeakingclass.com atau follow instagram @diyahadikara.speakingclass

Menurut salah satu peserta webinar acara tersebut cukup berkesan dan bagus mulai  dari manajemen waktunya, pembawaan moderator yang asik, dan pemateri yang tak kalah keren. “Acara webinar tersebut cukup berkesan, acaranya yang ontime, pembawaan moderator yang asik, dan tak kalah keren lagi pematerinya. Penyampaian materinya sangat bagus, tidak membuat pendengar bosan sehingga lebih semangat dalam mendengarkan ilmu yang disampaikan. Setelah mengikuti webinar tersebut banyak ilmu yang bisa kami dapat dan kami terapkan dalam praktek Public Speaking”, ungkap Anis salah satu peserta seminar yang merupakan mahasiswa Unsyiah.

Acara yang digelar HIMATIKA tersebut tidak hanya membuat peserta menambah ilmu tentang Public Speaking, peserta juga bisa beramal dengan cara memberikan donasi seikhlasnya yang akan disumbangkan kepada salah satu komunitas sosial di Aceh yang memperhatikan masalah Covid-19. Ucapan syukur dan terimakasih disampaikan oleh panitia kepada pemateri dan seluruh peserta yang hadir, dengan adanya webinar ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan meningkatkan softskill dalam Public Speaking.