Dosen Matematika FMIPA Unsyiah diundang untuk Mempelajari Pendidikan STEM di Rutgers University, Amerika Serikat Dosen Matematika FMIPA Unsyiah diundang untuk Mempelajari Pendidikan STEM di Rutgers University, Amerika Serikat
1st November 2019

Bersama tiga dosen peneliti dari Pusat Riset STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Unsyiah, salah satu dosen dari Jurusan Matematika FMIPA Unsyiah, Dr. Rini Oktavia, melakukan kunjungan ke Rutgers University di New Jersey, Amerika Serikat pada tanggal 14-28 September 2019. Kunjungan tim peneliti dari Pusat Riset STEM Unsyiah ini merupakan salah satu kegiatan dari program Partnership for Enhanced Engagement in Research (PEER) Grant yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID) dan National Academies of Science, Engineering, and Medicine (NAS) dengan USAID Prime Award Number AID-OAA-A-11-00012. Tujuan utama dari kunjungan ini adalah memenuhi undangan partner peneliti dari Rutgers University, Prof. Dr. Eugenia Etkina guna mempererat kerjasama penelitian antara Pusat Riset STEM Unsyiah dengan beliau.  Prof. Etkina adalah salah satu pakar pendidikan yang mengembangkan pembelajaran Fisika dengan menggunakan pendekatan yang disebut Investigative Science Learning Environment (ISLE) dan mengintegrasikan ilmu fisika dan matematika dalam project PUM (Physics Union Mathematics) . Pada tahun 2014, Prof. Etkina mendapat anugerah medali bergengsi The Robert A. Millikan Award oleh the American Association of Physics Teachers (AAPT) atas kontribusinya dalam mengembangkan ISLE dalam pembelajaran Fisika. Berbagai universitas terkemuka di dunia termasuk Princeton University dan University of Toronto telah mengadopsi kurikulum ISLE ini.

Dr. Rini Oktavia yang merupakan Sekretaris Jurusan Matematika adalah peneliti di bidang pendidikan matematika dan advokat pendidikan STEM yang terintegrasi. Matematika memungkinkan semua fenomena fisika, kimia, dan disiplin ilmu lainnya dapat dijelaskan dengan model yang sederhana. Prof. Etkina sependapat bahwa pembelajaran sains sangat membutuhkan pemahaman matematika yang baik. Dr. Rini Oktavia mendapat dukungan penuh dari Prof. Etkina untuk melanjutkan kerjasama penelitian dalam mengembangkan pembelajaran fisika dan matematika yang menekankan pada pembelajaran berbasis inquiry dan mencerminkan bagaimana matematikawan dan ilmuwan memperoleh temuan mereka. Dr. Oktavia dan Prof. Etkina sepakat akan pentingnya mendorong  mahasiswa untuk memahami bagaimana sebuah teori ditemukan. Dengan memahami bagaimana konsep-konsep matematika dan fisika dikembangkan, mahasiswa akan mendapatkan keahlian belajar layaknya seorang saintis/matematikawan. Dr. Oktavia dan Prof. Etkina juga sependapat bahwa salah satu aspek penting dalam pendidikan STEM adalah membangun kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi pada siswa/mahasiswa. Kesamaan visi diantara Dr. Oktavia dan Prof. Etkina menjanjikan kerjasama penelitian yang solid yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Unsyiah dan Rutgers University, umumnya dan bagi Pusat Riset STEM Unsyiah dan Jurusan Matematika FMIPA Unsyiah pada khususnya.

Dosen Matematika FMIPA Unsyiah diundang untuk Mempelajari Pendidikan STEM di Rutgers University, Amerika Serikat

Dalam kunjungan ke Graduate School of Education (GSE) of Rutgers University ini, ke-empat peneliti melakukan observasi kelas dan wawancara dengan Prof. Etkina sendiri, dengan mahasiswa S1, S2, dan S3 yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ISLE, serta para dosen yang menggunakan pendekatan ISLE termasuk dengan Dr. Carolyn Sealfon dari University of Toronto, Canada. Selain itu, tim peneliti dari Pusat Riset STEM Unsyiah juga mengunjungi Science and Mathematics Learning Center (SMLC), untuk melihat berbagai percobaan matematika, sains, dan rekayasa sederhana yang dipamerkan di ruangan terbuka yang dapat dicoba oleh semua pengunjung. Pusat Riset STEM Unsyiah mempunyai cita-cita untuk mewujudkan STEM Center yang salah satu pelayanannya adalah mengedukasi masyarakat mengenai STEM lewat penyediaan sarana ekperimen sederhana seperti ini.