Enam Alumni Matematika Terima Beasiswa LPDP Tahun 2016
18th September 2016

Sebanyak 6 alumni Matematika Unsyiah memperoleh beasiswa magister (S2) dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk tahun 2016 ini. Lima orang di antaranya merupakan alumni angkatan 2010 dan satu orang berasal dari angkatan 2009. LPDP adalah sebuah lembaga yang mengelola Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yaitu program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri.

Dari 6 orang yang memulai kuliah S2 tahun ini, satu di antaranya yaitu Azalya Rahmatika diterima di luar negeri. Azalya memilih bidang Bioinformatics di Universiti Malaya, Malaysia. Sedangkan 5 lainnya diterima di kampus-kampus favorit di Pulau Jawa. Mereka adalah Meutia Keumala Bachnar (Matematika IPB), Maulina Oktaviana dan Rahma Nurfajrini (Statistika IPB), Muhammad Ikhwan (Matematika ITS), serta Farhani (Matematika ITB). Khusus alumni angkatan 2010, tahun lalu seorang alumnusnya juga telah menempuh program magister Matematika di Universitas Syiah Kuala. Saat dikonfirmasi tentang hal ini, Wakil Rektor Unsyiah Bidang Akademik Dr Hizir mengaku senang dan bangga atas prestasi yang diraih oleh alumni Matematika ini. Mantan Ketua Jurusan dua periode ini berharap ke depan semakin banyak alumni Matematika yang dapat memanfaatkan peluang beasiswa pascasarjana dari berbagai sumber.

Saat ini, khusus mahasiswa Matematika angkatan 2010 yang telah menjadi alumni sebanyak 28 orang. Artinya 21% di antaranya sedang melanjutkan studinya ke program magister. Selain itu mereka sudah bekerja di berbagai instansi seperti di perbankan, tenaga laboran, bimbingan belajar,  dan lain-lain.

Baca Juga:
Belasan Lulusan S1 Matematika Unsyiah Studi Lanjut ke S2 Tahun Ini
Taiwan Jadi Tempat Favorit Studi Lanjut bagi Alumni Matematika Unsyiah