Goresan Singkat Student Mobility UUM Kedah Malaysia
15th April 2016

Sejak tahun 2007 sampai sekarang, sudah puluhan mahasiswa Matematika ke luar negeri dalam rangka student exchange, magang, atau kegiatan akademik lainnya. Negara tujuannya adalah Taiwan, Jepang, Malaysia, dan Thailand. Terakhir, 4 mahasiswa Matematika berstatus Student Mobility di Universiti Utara Malaysia, the University in a Green Forest. Dari kampus yang terletak di perbatasan Malaysia dengan Thailand ini, Rinaldi Ismail, satu dari mereka menulis pengalaman dan pesan terutama buat teman dan adik kelasnya di Matematika Universitas Syiah Kuala. Berikut goresan mahasiswa yang gemar olahraga badminton ini.

Dan Si Katak Itu Pun Keluar dari Tempurungnya

Well, this is our story when we visited Kedah, Malaysia for student exchange program for one semester commenced from March 2nd, 2016 at the UUM (Universiti Utara Malaysia) Sintok, Kedah, Malaysia.

uum-2Saya adalah salah satu dari 8 mahasiswa Universitas Syiah Kuala Aceh yang saat ini sedang menuntut ilmu di negeri jiran ini dengan status sebagai student mobility. Sebelum menapakkan kaki di sini kami harus melalui beberapa proses yang panjang terutama dalam pengurusan visa dan paspor. Kami berasal dari dua prodi yang berbeda yakni Matematika dan Statistika. Selain saya, dari Matematika ada juga Nadia Sealpina, Ipak Putri Iwanisa, dan Husnul Khatimah. Sedangkan mereka yang dari Statistika adalah Romi Rosadi, Irmadayani Ray, Darathul Aini, dan Asriliyani Nur Islami.

So many experience we get when we are here, metode pembelajaran yang diterapkan pun terasa berbeda karena di sini lebih banyak tugas yang diberikan kepada mahasiswa sehingga mahasiswa hanya punya sedikit waktu untuk bermalas-malasan. Tapi satu yang paling menarik perhatian saya yaitu fasilitas yang disediakan kepada mahasiswa di sini mulai dari ruangan belajar yang sangat kondusif, WiFi yang ada dimana-mana. Semua itu sangat membantu mahasiswa ketika belajar. Dosen-dosen yang mengajar pun ramah kepada mahasiswa dan ketika kita tidak paham dengan materi yang dosen jelaskan kita bisa mendatangi si dosen ke ruangannya untuk minta diajari lagi materi yang kita tidak paham ketika di kelas.

Harapan dari program ini, ketika kembali ke Aceh nanti kami bisa membawa banyak ilmu yang kami dapat dari sini dan sharing ilmu tersebut kepada orang lain. Dan semoga program student exchange ini bisa terus berlanjut ke depannya khususnya buat adik-adik berikutnya dari Prodi Matematika. Keluarlah dari tempurung para katak then you will meet some pretty cool people and get more experience. Salam dari kami mahasiswa student mobility UUM.

Sintok, 14 April 2016

Rinaldi Ismail Daulay

Pusat Pengajian Sains Kuantitatif, UUM

uum-3uum-1

Link terkait : Lagi, 4 Mahasiswa Matematika Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa ke Malaysia