Guru Besar Dr Marwan Ramli Dikukuhkan
13th May 2017

Dosen Matematika Unsyiah Prof Dr Marwan Ramli SSi MSi dikukuhkan menjadi Guru Besar Fakultas MIPA Unsyiah dalam Rapat Senat Terbuka yang dipimpin Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (5/5). Pengukuhan ini dilakukan bersama dengan pengukuhan Guru Besar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prof Dr Musri Musman MSc. Acara ini berlangsung meriah dengan dihadiri ratusan undangan yang terdiri dari anggota senat, para dosen dan staf Fakultas MIPA, keluarga dan kerabat Prof Marwan Ramli, serta mahasiswa S1 dan S2 Matematika. Bahkan Nampak beberapa guru besar dari Universitas Sumatera Utara Medan.

Prof Marwan merupakan alumni Matematika Unsyiah angkatan 1991. Prof Marwan berhasil mencapai gelar guru besar dalam bidang Matematika Terapan terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2016. Gelar ini menjadikan Dr Marwan Ramli sebagai Profesor Matematika pertama di Aceh sekaligus alumni FMIPA Unsyiah pertama yang bergelar profesor. Saat ini jumlah guru besar di Fakultas MIPA berjumlah 3 orang. Sedangkan jumlah di universitas meningkat menjadi 47 guru besar. Lahir di Tanjung Pinang, Prof  Marwan menamatkan program sarjananya di Matematika FMIPA Unsyiah, dan program magister serta doktoralnya diselesaikan di ITB Bandung. Pada acara pengukuhan ini, Prof Marwan memaparkan orasi ilmiah berjudul Model Matematika Pembangkitan Gelombang Ekstrim di Laboratorium dalam Kaitannya untuk Mengoptimalkan Keamanan Transportasi Laut.pengukuhan-prof-marwan

Dalam pidato pengukuhan, Ketua Senat Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng mengatakan Prof Marwan berupaya mencari solusi terhadap ancaman bahaya gelombang yang mungkin terjadi. “Selain itu, kepakaran ilmu matematika terapan Prof Marwan bisa menjadi acuan untuk mencari solusi atas ancaman bahaya gelombang laut,” kata Rektor.

Berita Pengukuhan Dua Guru Besar Unsyiah di Halaman Depan Harian Serambi Indonesia

Berita Pengukuhan Dua Guru Besar Unsyiah di Halaman Depan Harian Serambi Indonesia

Papan Ucapan dari Jurusan Matematika dan Himpunan Mahasiswa Matematika (HAM) Unsyiah

Papan Ucapan dari Jurusan Matematika dan Himpunan Alumni Matematika (HAM) Unsyiah