Haves Lolos ke ON MIPA-PT Tingkat Nasional untuk Ketiga Kalinya
28th April 2016
on_mipa_pt_2016

Haves saat mengikuti Seleksi ON MIPA-PT Tingkat Nasional Tahun 2015 di Surabaya

Salah satu mahasiswa Matematika Universitas Syiah Kuala Haves Qausar kembali lolos ke Seleksi Tingkat Nasional Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) 2016 bidang Matematika yang diselenggarakan pada 23-27 Mei 2016 di Jakarta. Tahun ini merupakan tahun ketiga bagi mahasiswa angkatan 2012 ini mengikuti event tahunan yang dalam dua tahun terakhir diselenggarakan di Semarang dan Surabaya. Pengumuman Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti pada tanggal 18 April 2016 memastikan Haves mewakili Aceh (Wilayah XIII) bersama dua temannya dari FKIP Universitas Syiah Kuala yaitu Riska Mulyani dan Santriyanti. Mereka dididik khusus oleh dua pakar olimpiade yaitu Saiful Amri MSi dan Budiman Yatim MSi.

Tahun ini adalah tahun ketiga Kopertis XIII melaksanakan seleksi ON MIPA-PT untuk wilayah Aceh. Pada Seleksi Tingkat Wilayah XIII tanggal 5-6 April 2016, dalam bidang Matematika Universitas Syiah Kuala mengirimkan 7 peserta untuk bersaing dengan 60 peserta lainnya dari Universitas Jabal Ghafur, Universitas Abulyatama, Universitas Muhammadiyah Aceh, STKIP Bina Bangsa Meulaboh, STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, STKIP Bumi Persada Lhokseumawe, Universitas Samudra, Universitas Serambi Mekkah, dan Universitas Al-Muslim. Adapun peserta lainnya dari Matematika FMIPA adalah Khairunnisa Nur Fitriani, mahasiswa angkatan 2014.

Seleksi Tingkat Nasional ON MIPA-PT 2016 diikuti oleh 61 peserta yang terdiri dari 28 orang peserta dengan nilai tertinggi tiap wilayah, 14 orang peserta terbaik dari PTS di masing-masing wilayah, ditambah 2 peserta yang merupakan juara II dan III OSN-Pertamina Kategori Teori tahun 2015, dan 17 orang peserta dengan nilai tertinggi selain dari kategori yang telah disebutkan. Secara keseluruhan, seleksi ini diikuti oleh 251 peserta untuk 4 bidang, yaitu Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia yang masing-masing berjumlah 61-64 orang peserta.

Seperti diketahui, prestasi terbaik mahasiswa Matematika pernah terukir pada ajang ini ketika Nurul Wahyuni berhasil meraih medali perunggu tahun 2011 di Bandung. Sementara pada tahun 2013, Farhani berhasil menjadi finalis tingkat nasional yang saat itu diselenggarakan di Yogyakarta. (mb)

Link berkaitan:

ON MIPA-PT 2014