Himatika Unsyiah Gelar Olimpiade Matematika dan Komputer se-Aceh Tahun 2013

Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala kembali menggelar acara Olimpiade Matematika dan Komputer se-Aceh. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Mathematics Fair IX 2013 yang biasa disingkat Math Fair. Mengusung tema “berpikir secara matematika, memajukan bangsa dengan teknologi“, acara olimpiade ini dibuka oleh Ketua Jurusan Matematika Bapak Asep Rusyana di Aula Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala pada Ahad 19 Mei 2013. Selain Ketua Jurusan, acara pembukaan ini turut dihadiri Sekretaris Jurusan Bapak Mahyus Ihsan, Koordinator Kemahasiswaan Bapak Munawar, serta beberapa perwakilan dari pihak sponsor acara.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan (Kajur) menekankan pentingnya mengikuti olimpiade Matematika dan Komputer. Menurutnya, olimpiade ini adalah ajang untuk mengukur tingkat penguasaan matematika dan komputer antara siswa-siswa di sekolah seluruh Aceh serta meningkatkan motivasi siswa agar terus menerus mempelajari matematika. Kajur juga mengingatkan bahwa mahasiswa Matematika Universitas Syiah Kuala bukan hanya sebagai penyelenggara olimpiade saja, namun juga telah menjuarai olimpiade di tingkat regional dan nasional.

Olimpiade tahun ini digelar serentak di 4 domain. Domain A (Banda Aceh, Aceh Besar, dan Pidie) berlokasi di Gedung Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala, Domain B (Lhokseumawe dan Aceh Utara) berlokasi di SMAN 1 Lhokseumawe, Domain C (Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara) dengan lokasi penyelengaraan di SMAN 1 Takengon, dan SMAN 1 Tapaktuan sebagai pusat Domain D (Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Subussalam, dan Aceh Singkil). Dalam laporannya, ketua panitia Olimpiade Annaafi Fitriandrie menyebutkan bahwa total peserta untuk tahun ini mencapai 990 orang.

Olimpiade ini dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan seleksi di tiap-tiap domain dan tahap kedua dilakukan di Banda Aceh dengan pesertanya merupakan juara pertama dari masing-masing domain. “Seleksi tahap kedua ini akan dilaksanakan bulan September 2013 saat rangkaian acara Math Fair lainnya digelar pada 6 – 10 September 2013,” sebut Annaafi.

Acara olimpiade ini berlangsung setelah acara perbukaan. Secara paralel panitia juga menggelar acara diskusi bersama Dosen Senior Matematika yang juga Ketua Prodi Magister Matematika Universitas Syiah Kuala Dr Said Munzir. Menurut Reza Wafdan, salah satu panitia inti, acara diskusi ini diikuti oleh guru-guru pendamping peserta olimpiade. “Diskusi berjalan sangat aktif, peserta berebutan bertanya atau memberi tanggapan kepada pemateri,” kata Reza. Dengan antusias Reza menceritakan bahwa diskusi yang bertema “pembelajaran dan aplikasi matematika berbasis komputasi” ini diikuti oleh puluhan guru-guru di Aula Fakultas MIPA.

Selain Olimpiade Matematika dan Komputer se-Aceh, dalam rilisnya, Ketua Math Fair IX Fathul Fithrah merincikan bahwa rangkaian acara Math Fair juga mencakup Seminar Nasional, Aneka Lomba, dan Aceh Mathematics Xpo. Mahasiswa Matematika angkatan 2010 ini menyebutkan semua kegiatan ini dipusatkan di Gedung AAC Dayan Dawood.

Panitia turut mempromosikan acara dan semua informasi yang berkaitan di laman http://himatika.math.unsyiah.ac.id/ dan fans page Facebook : Mathematics Fair IX. (mz)