Khairunnisa Wakili Unsyiah ke Finlandia
14th February 2017

Satu lagi torehan prestasi mahasiswa Matematika Unsyiah. Di awal tahun 2017 ini berita menggembirakan tersebar melalui surat Wakil Dekan FMIPA Bidang Akademik tanggal 3 Februari 2017 yang menyatakan bahwa Khairunnisa Nur Fithriani, mahasiswa Matematika semester 6 lulus seleksi mahasiswa untuk Program Indonesian Pendagogic (Indoped). Khairunnisa akan berangkat ke Finlandia bersama 4 mahasiswa Unsyiah lainnya dari FKIP, FP, dan FKH pada bulan April mendatang. Selama 10 hari di sana, mereka akan belajar tentang sistem pembelajaran di Eropa terutama di Finlandia yang terkenal sangat unggul di bidang pendidikan.

Seperti dikutip di laman okezone.com, Program Indoped merupakan sebuah proyek yang didanai Uni Eropa (EU) untuk mengakomodasi pengembangan pendidikan, baik di dalam negeri maupun Eropa. Tak tanggung-tanggung, guna mendukung proyek tersebut, Uni Eropa menggelontorkan dana sebesar 1 juta euro untuk tiga tahun ke depan. Program ini sedang dikembangkan pada lima institusi pendidikan di Eropa bersama enam institusi pendidikan di Indonesia.

Dari enam institusi pendidikan Indonesia, lima di antaranya merupakan kampus, baik negeri maupun swasta. Adapun kampus tersebut adalah Binus University International (BUI), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Widya Mandala Katolik (UWMK), dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Sedangkan satu institusi lainnya adalah Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC).

Menurut Ketua Jurusan Matematika Nurmaulidar MSc, Indoped adalah salah satu program yang akan membuka wawasan Mahasiswa mengenai pendidikan yang mengedepankan kemampuan belajar mandiri dan kewirausahaan. Sementara itu Sekretaris Jurusan Dr Rini Oktavia menyambut gembira dengan kelulusan Khairunnisa. Menurutnya, ini merupakan sebuah kehormatan bagi Jurusan Matematika dan juga menjadi penambah semangat bagi mahasiswa Jurusan Matematika untuk berprestasi dan mencoba meraih semua kesempatan yang terbuka untuk mereka. “Jurusan Matematika mengharapkan Khairunnisa dapat membagi ilmu dan pengalamannya kepada mahasiswa yang lain sehingga ilmu dan wawasan yang diperoleh oleh Khairunnisa dapat menjadi inspirasi dan membuka wawasan mengenai pendidikan di negara lain bagi rekan-rekan mahasiswa lainnya,” ujar doktor lulusan Texas State University ini.

Dan, bagaimana kesan Khairunnisa sendiri setelah dinyatakan lulus, mahasiswa angkatan 2014 ini menuturkannya kepada Koordinator Kemahasiswaan Matematika Radhiah MSc dan berikut petikannya..

Khairunnisa Nur Fithriani

Khairunnisa Nur Fithriani

Saya pertama kali mendengar Program Indoped ini saat saya dan beberapa teman saya dipanggil oleh Sekretaris Jurusan Dr Rini Oktavia pada hari Jumat tanggal 27 Januari 2017. Beliau menjelaskan kepada kami mengenai beberapa hal termasuk salah satunya program ini. Pada awalnya perwakilan yang dipilih untuk Program Indoped ini adalah teman saya, sedangkan saya terpilih untuk mengikuti program yang lain. Namun setelah membaca mengenai kedua program ini, kami sepakat untuk menukar program yang diberikan kepada kami. Syarat untuk ikut seleksi ini adalah lancar berbahasa Inggris, berbadan sehat, dan IPK >2,99. Setiap prodi diharapkan mengirimkan satu perwakilan. Karena kami berpikir bahwa lebih baik kami mengikuti program yang kami yakini, akhirnya kami menanyakan apakah boleh kami menukar program yang sudah disepakati sebelumnya. Ternyata usulan kami ini disetujui dan saya pun mulai mencari tahu program seperti apakah Indoped itu, latar belakangnya serta lembaga-lembaga apa saja yang terlibat di dalamnya. Seleksi program ini hanya berselang 5 hari dari saat saya mendengar mengenai program tersebut. Seleksi dilakukan dengan interview masing-masing kandidat. Ada empat kandidat dari 4 prodi berbeda serta angkatan berbeda saat seleksi. Proses interview dilakukan di ruang Dekan FMIPA oleh tiga orang interviewer yaitu Dekan Dr Teuku M Iqbalsyah, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr Zumaidar serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr ret nat Ilham Maulana. Setelah mengetahui saya yang lulus dari FMIPA, saya merasa sangat senang sekaligus deg-degan.