Mahasiswa Matematika Jadi Narasumber dalam Semiloka Forum Inovasi Aceh
10th February 2016

Ayu ‘Ulya tampil sebagai salah satu pembicara tamu dalam Forum Inovasi Aceh pada 23 Mei 2015 dengan judul Proses Pengembangan Game Cempala. Bertempat di Aula Balai Kota Banda Aceh,  mahasiswa Matematika tingkat akhir ini didaulat sebagai narasumber bersama 5 narasumber lainnya, yaitu Dr Izarul Machdar (Ketua Forum Teknologi Tepat Guna Aceh), Dr Mazlan Kamis (CEO, Institut Darul Ridzwan, Perak-Malaysia), Adista Amaliyah (Owner Amaliyah Cooperation), Athaillah (Founder www.jobsid.co), dan Juanda Djamal (Pendiri dan Direktur Saree School).

Dalam seminar dan lokakarya yang bertema Pembangunan Ekonomi berbasis Industri Inovatif dan Kreatif itu, Ayu ‘Ulya berbicara sebagai Developer Game Cempala. Acara ini diselenggarakan oleh ICAIOS dan Center for Creative Industry of Syiah Kuala University (CCIS) yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Banda Aceh.

Sebelumnya pada Agustus 2014 lalu, Ayu juga pernah tampil sebagai pembicara secara live di TVRI Aceh dalam program Mengenal IT dengan tema Game Made in Aceh. Ayu juga pernah terpilih sebagai peserta untuk pelatihan Aceh Cloud and Mobile Gaming (ACMG) pada April 2014 sekaligus menjadi the three top best game projects.

Menurut Ayu, game yang menggunakan bahasa Indonesia ini telah diregister ke website pengembang construct 2 (www.scirra.com) pada Mei 2015 dan pernah memenangkan kompetisi yang diadakan oleh Amazon (http://www.amazon.com) pada April 2015. Game Cempala ini sudah dilihat 800 kali dalam 15 hari oleh gamers di lebih 40 negara.

Saat itu Ayu sedang merampungkan skripsinya dengan judul Penggunaan Construct 2 Berbasis HTML 5 dalam Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Serious Game Matematika “Cempala Bilangan Prima” di bawah bimbingan Mahyus Ihsan dan Hafnani. (mz)

ayu_ulya_1