Mahasiswa PhD dari West Virginia University Motivasi Mahasiswa Matematika Unsyiah
12th June 2017

Mahasiswa S3 Matematika West Virginia University Amerika Serikat, Nurul Wahyuni berbagi pengalaman kepada mahasiswa Matematika Unsyiah dalam acara “Berbagi Pengalaman mengenai Studi Lanjut di Amerika”. Alumni S1 Matematika Unsyiah ini mengurai kiat-kiat dalam mempersiapkan diri untuk berkompetisi meraih beasiswa dan hal-hal yang harus disiapkan untuk melanjutkan studi di luar negeri, terutama di Amerika Serikat. Acara ini berlangsung di R28 Gedung Training Center Unsyiah pada Kamis 1 Juni 2017.

Acara yang dihadiri sekitar 61 mahasiswa ini berlangsung berkat inisiatif Jurusan Matematika yang mengundang Nurul Wahyuni dengan memanfaatkan waktu liburannya ke Aceh. Pengalamannya diharapkan dapat memotivasi mahasiswa Matematika Unsyiah untuk mengikuti jejak Nurul Wahyuni.

Lulusan S1 Matematika Unsyiah tahun 2011 ini selama tiga tahun berusaha keras meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris sambil mengajar di berbagai bimbingan belajar sampai akhirnya terpilih sebagai penerima beasiswa Fulbright pada tahun 2014. Ayu, begitu biasanya ia akrab dipanggil, melanjutkan studi S2 di bidang Matematika dengan tesis di bidang teori graf di West Virginia University dan lulus pada bulan Mei tahun 2016. Pada Agustus 2016 diterima sebagai mahasiswa program doktoral di universitas yang sama.

Ketua dan Sekretaris Jurusan Matematika, Nurmaulidar MSc dan Dr Rini Oktavia MSi MA hadir dalam acara itu. Turut pula hadir Dosen Pembimbing skripsi S1 Ayu yang juga merupakan pembina olimpiade Matematika, Saiful Amri MSi. Saiful Amri banyak berperan dalam proses pendidikan Ayu selama di Unsyiah. Saiful hadir memberi support kepada peraih medali perunggu Olimpiade Nasional Matematika (ON MIPA-PT) Tahun 2011 ini.

Antusiasme mahasiswa sangat terlihat. Lebih dari 45 menit sesi tanya jawab diisi dengan berbagai diskusi yang dimotori oleh pertanyaan mahasiswa seputar persiapan bahasa Inggris, persiapan akademik dan juga mental yang harus diupayakan, kehidupan muslim di Amerika, bagaimana menyiasati kebutuhan finansial dan sebagainya. Nurul Wahyuni memberikan jawaban yang lugas dan sangat memotivasi mahasiswa.

Sekretaris Jurusan Matematika Dr Rini Oktavia berharap, kegiatan pertemuan dengan alumni ini dapat memotivasi mahasiswa dan menginspirasi mereka untuk berusaha mengoptimalkan potensi mereka dan meraih prestasi yang terbaik sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Nurul Wahyuni merupakan salah satu alumni Jurusan Matematika FMIPA Unsyiah yang mempunyai prestasi yang cukup membanggakan. Mulai belajar di Jurusan Matematika pada tahun 2007, sangat menyukai Matematika terutama aljabar sejak aktif menjadi pembina olimpiade Matematika di bawah bimbingan Bapak Saiful Amri.

ayu bagi pengalaman2