WhatsApp Image 2018-10-12 at 20.32.52 (1) Prodi Matematika Gandeng Ahli Matematika Keuangan IPB Beri Kuliah Umum dan Sosialisasi Aktuaris
4th November 2018

Salah satu hasil perubahan kurikulum prodi matematika pada tahun 2016 lalu adalah munculnya mata kuliah matematika keuangan. Atas dasar hal tersebut, pada tanggal 12 Oktober 2018 prodi  matematika mengadakan kuliah tamu dengan menghadirkan salah satu pakar matematika keuangan dari Departemen Matematika Institut Pertanian Bogor (IPB) yaitu Dr. Ir. Endar H. Nugrahani, MS. Dimoderatori oleh Dr. Intan Syahrini, kegiatan ini dibuka oleh ketua prodi (kaprodi) matematika Nurmaulidar, M.Sc. Dalam sambutannya, kaprodi berharap mahasiswa dapat lebih memahami konsep matematika dalam bidang keuangan.

Bertempat di Aula FMIPA Unsyiah, kuliah tamu yang bertemakan “Aktuaria: Perjumpaan Indah Matematika, Statistika dan Ilmu Ekonomi” ini membahas tentang perkenalan profesi aktuaris sebagai salah satu profesi alternatif untuk lulusan matematika dengan gaji yang tinggi dan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Untuk mencapai profesi ini dibutuhkan keahlian khusus dalam bidang matematika, statistika dan ilmu ekonomi. Untuk itu, Dr. Endar mengajak mahasiswa untuk mendalami konsep tersebut salah satunya dengan cara menjadikannya sebagai topik tugas akhir.

WhatsApp Image 2018-10-12 at 20.32.52

Setelah memberikan kuliah tamu untuk mahasiswa prodi matematika, Prodi matematika menggandeng Dr. Endar untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk “Sosialisasi Aktuaris” ke sekolah. SMA Lab School Unsyiah dan SMA Negeri 3 terpilih sebagai tempat sosialisasi tersebut. Kepala SMA Negeri 3 mengaku sangat senang dengan kegiatan ini dan berharap siswanya dapat menambah wawasan dalam dunia kerja khususnya dibidang keuangan.

WhatsApp Image 2018-10-12 at 17.40.21 (1)