Prodi Matematika Unsam Studi Banding ke Prodi Matematika Unsyiah
18th April 2018

Sebanyak 4 dosen dan 27 mahasiswa Program Studi (Prodi) Matematika Fakultas Teknik Universitas Samudera mengunjungi kampus Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh khususnya Prodi Matematika.

Kunjungan bersifat studi banding yang berlangsung pada Senin (16/4) ini dipimpin Koordinator Prodi Fazrina Saumi MPd. Penyambutan dilakukan oleh Ketua Jurusan (Kajur) Matematika Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Nurmaulidar MSc di Aula Fakultas MIPA Unsyiah. Dalam acara itu, Kajur turut didampingi beberapa dosen Matematika Unsyiah.

“Mahasiswa kami mengikuti kuliah (seat in) Analisis Real, Aljabar Real, dan Kalkulus,” kata Dewi Novianti MSi, salah satu dosen yang mendampingi mahasiswa. Dewi yang merupakan alumni Matematika Unsyiah ini menjelaskan bahwa pemilihan Unsyiah sebagai tempat studi banding disebabkan Kampus Jantong Rakyat Aceh ini merupakan kampus tertua di Aceh dan terakreditasi A. Bahkan prodi Matematikanya sudah terakreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2006. “Sebagai prodi baru, kami ingin melihat sistem belajar mengajar yang ada di Jurusan Matematika sekaligus sharing informasi mengenai kurikulum dengan para dosen Matematika Unsyiah,” tambahnya.

Acara sharing kurikulum dan manajemen prodi berlangsung di ruang rapat Jurusan Matematika. Acara ini dihadiri antara lain Kajur, Dosen Senior Dr Salmawaty dan Dr Said Munzir, Mahyus Ihsan MSi, Hafnani MSi, dan Ikhsan Maulidi MSi. Selanjutnya dilakukan sharing tentang Himatika di ruang senat Fakultas MIPA, mengunjungi laboratorium di Laboratorium Matematika, mengunjungi ruang baca Jurusan Matematika, dan mengunjungi Perpustakaan Unsyiah.

Pihak Prodi Matematika Unsam merasa puas atas kunjungan selama sehari itu karena mendapat sambutan yang luar biasa dari dosen dan mahasiswa Jurusan Matematika Unsyiah. “Banyak ilmu dan informasi baru yang diperoleh setelah kunjungan ini,” tutupnya.