Profesor Marwan Ramli Dilantik sebagai Sekretaris Senat Universitas Syiah Kuala
20th October 2017

Guru Besar Fakultas MIPA Prof Dr Marwan Ramli, Jumat 13 Oktober 2017 dilantik menjadi Sekretaris Senat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) masa bakti 2017-2021. Pelantikan dilakukan Rektor Unsyiah Prof Dr Samsul Rizal di Gedung AAC Dayan Dawood Kampus Unsyiah Darussalam. Guru Besar Matematika ini mendampingi Ketua Senat Prof Dr Said Muhammad. Pelantikan pejabat senat ini dilakukan bersamaan dengan pelantikan Ketua dan Sekretaris Satuan Pengawasan Internal (SPI) Unsyiah.prof_marwan_sekretaris_senat1

Dalam arahannya, seperti dikutip di unsyiah.ac.id, Rektor menegaskan jika saat ini Unsyiah telah memisahkan antara jabatan Rektor dan Ketua Senat, sehingga diharapkan dapat memonitor eksekutif dan bekerja lebih akuntabel. Pemisahan  ini menurutnya, dilakukan untuk meciptakan Unsyiah yang lebih baik ke depannya. “Walaupun dilantik Rektor, namun senat bukanlah bawahan Rektor,” tambahnya.

Turut hadir dalam pelantikan itu, para Wakil Rektor, Dekan, dan Anggota Senat Universitas. Hadir pula kolega dari Prof Marwan. Saat ini Prof Marwan merupakan guru besar termuda di Unsyiah. Alumni Matematika Unsyiah ini merupakan professor kelahiran 25 November 1971. Prof Marwan berhasil mencapai gelar guru besar dalam bidang Matematika Terapan terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2016, gelar yang menjadikannya sebagai Profesor Matematika pertama di Aceh sekaligus alumni FMIPA Unsyiah pertama yang bergelar profesor. Belum setahun menduduki kursi anggota senat, Prof Marwan sudah terpilih menjadi Sekretaris Senat.

Senat merupakan satu dari empat organ Unsyiah. Dalam Pasal 37 Ayat 2 Statuta Unsyiah (Permenristekdikti Nomor 99 Tahun 2016) disebutkan bahwa Anggota Senat terdiri atas wakil Dosen dari setiap Fakultas, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, dan Ketua Lembaga. Senat dipimpin oleh ketua dan dibantu oleh seorang sekretaris. Ketua dan Sekretaris tersebut ditetapkan oleh Rektor. Senat merupakan unsur penyusun kebijakan yang menjalankan fungsi penetapan dan pertimbangan pelaksanaan kebijakan akademik. Sedangkan organ Unsyiah terdiri atas Senat, Rektor, Satuan Pengawas Internal, dan Dewan Penyantun.

prof_marwan_sekretaris_senat2

Baca Juga : Guru Besar Dr Marwan Ramli Dikukuhkan