Tiga Alumni Matematika Jadi Dosen di UIN Ar-Raniry
11th January 2014

Alumni di UIN Ar-Raniry 2Sebanyak 3 alumni Matematika Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala dinyatakan lulus sebagai dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Mereka adalah Bustami, Hendri Ahmadian, dan Ima Dwitawati yang semuanya juga merupakan alumni S2 Taiwan. Bustami yang merupakan mahasiswa Matematika angkatan 2005 diterima di Prodi Teknik Informatika sedangkan dua lainnya di Prodi Sistem Informasi. Kedua prodi ini merupakan prodi baru di perguruan tinggi (PT) yang baru saja meningkatkan statusnya dari institut menjadi universitas ini. Menurut Bustami, untuk masing-masing prodi itu tersedia sebanyak 6 formasi yang ditawarkan saat dia ikut seleksi. Dengan kelulusan ini maka hampir 50 orang atau 9 persen alumni Matematika telah memilih profesi sebagai dosen. Mereka tersebar di berbagai PT negeri dan swasta baik di Aceh, Sumatera bahkan Pulau Jawa.

Jumlah alumni S1 Matematika Universitas Syiah Kuala sampai akhir tahun 2013 mencapai 553 orang. Dari 9 persen yang menjadi dosen itu, hampir separuhnya berada di Universitas Syiah Kuala (22 orang) baik di Fakultas MIPA sendiri maupun di Fakultas Pertanian, Fakultas KIP, dan Fakultas Ekonomi. PT lainnya yang terdapat alumni Matematika adalah Univesitas Malikussaleh (Lhokseumawe), Universitas Bengkulu, Universitas Jabal Ghafur (Sigli), Universitas Abulyatama (Aceh Besar), STAIN Lhokseumawe, STIKes Banda Aceh, Politeknik Lhokseumawe, Politeknik Aceh (Banda Aceh), dan lain-lain. Alumni Matematika yang menjadi dosen di pulau Jawa di antaranya di Universitas Paramadina (Jakarta) dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Serang-Banten).

Dari alumni yang menjadi dosen ini, beberapa dari mereka juga telah menjadi pejabat di tingkat Jurusan atau Prodi. Bahkan dua di antaranya telah menjadi Pembantu Dekan di Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala dan Fakultas Teknik Univeritas Malikussaleh. Sebelumnya diketahui bahwa lulusan Matematika banyak berprofesi sebagai Guru, bekerja di Badan Pusat Statistik, dan perbankan. (mz)

Baca Juga:

Tiga Sarjana Matematika Diterima Menjadi CPNS BPS Aceh

Alumni Matematika Bekerja di BPS (Badan Pusat Statistik)