Tiga Sarjana Matematika Diterima Menjadi CPNS BPS Aceh
20th March 2013

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh pada tahun anggaran 2012 lalu membuka 11 formasi pegawai negeri sipil dengan jabatan Koordinator Statistik Kecamatan (KSK). Formasi tersebut terdiri dari 7 Sarjana (S1) dan 4 lainnya untuk jenjang pendidikan D-III. Tiga (42%) dari 7 formasi untuk S1 berhasil direbut oleh lulusan dari Jurusan Matematika Universitas Syiah Kuala. Bahkan nilai tes tulis tertinggi pada saat penjaringan CPNS tersebut diraih oleh Farah Mutia yang merupakan salah satu alumni Jurusan Matematika Universitas Syiah Kuala angkatan 2003.

Saat ini Farah ditempatkan di BPS Kabupaten Bireuen. Dua lulusan lainnya yang berhasil bergabung dengan Lembaga Pemerintah Non-Departemen ini adalah Sri Yulianti dan Mukhsin. Keduanya adalah mahasiswa Jurusan Matematika angkatan 2005. Mereka ditempatkan masing-masing di BPS Kabupaten Aceh Utara dan BPS Kabupaten Aceh Jaya.

Kesempatan meniti karir di lembaga yang sebelum tahun 1997 masih bernama Biro Pusat Statistik ini mereka peroleh setelah berhasil menyisihkan ratusan pendaftar lainnya. Selain dengan sarjana Matematika sendiri, mereka juga harus bersaing dengan pendaftar dari bidang lainnya seperti sarjana Statistika, Teknik Informatika, Ekonomi Studi Pembangunan, Ekonomi Manajemen dan sarjana Ekonomi Pertanian (Agribisnis).

Farah CS

Bergabungnya 3 lulusan Matematika tersebut di BPS mengikuti puluhan lulusan Matematika lain yang sudah terlebih dahulu mengabdi di lembaga yang memiliki visi “pelopor data statistik terpercaya untuk semua” ini. BPS berdiri sejak tahun 1960 melalui UU Nomor 6 dan Nomor 7 Tahun 1960 yang bertanggung jawab langsung kepada presiden.

Di samping itu, untuk formasi D-III yang diterima menjadi KSK di BPS Provinsi Aceh terdapat satu orang lulusan D-III Manajemen Informatika Jurusan Matematika Universitas Syiah Kuala. Dia adalah Nelly Eliza yang ditempatkan di BPS Kabupaten Aceh Besar.

(mz)